Proses Pembuatan Getuk Singkong


Bahan:
  • Singkong 1 kg
  • Gula halus 250 gram
  • Pewarna hijau dan merah
  • kelapa parut

Cara Membuat:
  1. Kupas singkong lalu cuci bersih, potong potong lalu belah dua singkong.
  2. Kukus singkong sampai empuk lalu angkat dan tumbuk singkong dengan gula halus sampai singkong hancur dan lembut. Lalu cetak di loyang dan kasih parutan kelapa.
  3. Biaya: singkong Rp 5.000, gula halus Rp 5.000, pewarna Rp 1.000, kelapa Rp 5.000
  4. Total biaya Rp 16.000

By: ibunya melly

Belajar Buat Bolu Gulung Modal Irit

Lagi belajar buat bolu gulung ala mamy rivan bunda. Belum pinter ngegulungnya. Modal irit siapa tau ada yg mau coba. Dulunya saya juga gak bisa tapi belajar dari resepchef.com dengan segala pembaruan dari saya. Ini linknya kali aja ada yang mau nyoba http://www.resepchef.com/resep-cara-membuat-bolu-gulung-panggang-dan-kukus/, semoga dapat membantu ya.



Resep Bolu Gulung

Bahan:
  • 3 btr telur
  • 3 sdm terigu
  • 3 sdm gula
  • 3 sdm margarin cair (asal cair saja, jgn panas2) 
  • 1 sdt tbm/sp

Cara Membuat Bolu Gulung

  1. Mixer semua bahan kecuali margarin cair. Mixer hingga kental tidak mudah jatuh adonannya. Masukkan margarin cair aduk rata dg sodet. Masukan ke loyang. Oven sampai matang kurang lebih 20menit tergantung panas oven. 
  2. Selagi panas gulung dg kertas. Biarkan dingin. Setelah itu buka gulungan, beri isian, dan gulung kembali. Simpan di kulkas sebentar agar mudah diiris.

Resep Cassava Rainbow Cake Rasanya di Jamin Yummy


Perkenalkan nama saya bunda anjaymana, seorang perempuan yang tidak bisa diam jika ada bahan masakan di rumah. Nih hasil dari aksi hiperaktifku namanya Cassava Rainbow Cake, gak secantik yang buat (PeDe abis) tapi tak apalah yang penting enak haha.

Menurutku olahan buatanku dari bahan singkong yang paling unik adalah lumpia singkong, enak banget loh. Mau bikin tapi males, enakan eksperimen barang baru.

Resep Cassava Rainbow Cake

  • Bahan:
  • 1 kg singkong Rp 2.500
  • 4 butir telur Rp 6.000
  • 200 gram gula pasir Rp 3.000
  • 200 gram tepung terigu Rp 1.500
  • 1/4 sdt tbm Rp 500
  • 6 sdm minyak sayur Rp 1.000
  • secukupnya garam dan pewarna Rp 1.000 
  • gas Rp 2.000

Total Rp 17.500

Cara Membuat Cassava Rainbow Cake

  1. Parut singkong, peras sisihkan.
  2. Panaskan kukusan, olesi loyang dengan sedikit minyak sayur.
  3. Mixer telur, gula, garam dan tbm hingga mengembang dengan kecepatan tinggi selama 10 menit. 
  4. Pelankan speed mixer, masukkan terigu aduk perlahan.
  5. Masukkan singkong dan minyak sayur.
  6. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, beri pewarna sesuai selera.
  7. Kukus perlapis warna masing-masing 5 menit, setelah semua adonan masuk kukus 15 sampai 20 menit atau sampai matang (tes tusuk). Soal rasa di jamin yummy.

Resep Cara Membuat Cake Singkong Karamel

Halo perkenalkan nama saya diva kitchen seorang bunda yang sangat suka mencoba-coba makanan dari bahan asli Indonesia. Ya seperyi kayak makanan satu ini, saya buat cake dengan campuran singkong sehingga jadilah cake singkong karamel.

Resep Cake Singkong Karamel

Bahan:
  • 4 gelas belimbing singkong (diparut dan diperas)
  • 1 gelas belimbing gula pasir (dicaramel)
  • 4 butir telur
  • 1 gelas belimbing minyak goreng
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 gelas belimbing gula pasir
  • 1 sdt essen banana
  • 1/2 ons sukade

Cara Membuat Cake Singkong Karamel

  1. Panaskan kukusan. 
  2. Mix telur dan gula pasir sampai mengembang.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit singkong, minyak goreng, gula caramel, soda kue, dan essen. Aduk hingga rata.
  4. Olesi cetakan dengan sedikit minyak agar tidak lengket.
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan, kemudian tabur sukade.
  6. Kukus hingga matang kurang lebih 45 menit.
  7. Siap disajikan untuk keluarga tercinta.
  8. 1 resep dapat 40 biji.
Dana yang di keluarkan:
  • 4 gelas belimbing singkong (2 kg = Rp 4.000)
  • 2 gelas gula pasir (Rp. 3000)
  • 4 butir telur ( Rp 4.000)
  • 1 gelas belimbing minyak goreng (Rp 3.000)
  • 1/2 sdt soda kue (Rp 1.000)
  • 1 sdt essen banana (Rp 1.000)
  • 1/2 ons sukade (Rp 2.000)
  • 1 liter minyak tanah (Rp 4.500)

Total dana yg dikeluarkan Rp 22.500

Lebih lengkapnya silahkan lihat ==>  http://ladyblackmoon-fucklove.blogspot.com/

Cara Membuat Lumpia dari Bahan Singkong

Lumpia
Bahan Kulit:
150 gram tepung terigu
1 butir telur
1/2 sdt garam
300 ml air

Isi:
200 gram singkong (serut, rebus dan tiriskan)
1 buah wortel (potong korek api)
1/4 buah bawang bombai
2 siung bawang putih
1 butir telur (kocok lepas)
gula
garam
lada bubuk
kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat:
==>  Kulit: Campur semua bahan, saring kemudian dadar diteflon hingga adonan habis.
==>  Isi: Tumis bawang bombai, bawang putih. Masukkan kocokan telur aduk hingga telur berbulir. ==>  Masukkan wortel matangkan sebentar. Terakhir masukkan singkong tambahkan gula, garam, lada bubuk dan kaldu bubuk. Koreksi rasa, angkat,dinginkan.
==>  Ambil adonan kulit, isi dengan isian,lipat dan gulung rekatkan dengan campuran terigu dan air,goreng hingga kecoklatan.
==>  Tiriskan, sajikan hangat dengan cabe atau saos sambal.

Biaya bahan:
Singkong Rp 2.000
terigu Rp 2.000
wortel Rp 1.000
bombai dan bawang putih Rp 2.000
telur Rp 3.000
minyak goreng Rp 3.000
kaldu bubuk dan lada Rp 1.500
cabe Rp 1.000
tomat Rp 500

Total semuanya habis Rp 16.000

Proses Pembuatan Getuk Singkong

Bahan: Singkong 1 kg Gula halus 250 gram Pewarna hijau dan merah kelapa parut Cara Membuat: Kupas singkong lalu cuci ber...